Pelatihan Sosial Media Facebook Ads dan Instagram For Business Dalam Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v3i2.85Keywords:
Facebook Ads, Instagram For Promotion, Social MediaAbstract
Munculnya “Cimahi Mall”, awalnya karena tumbuhnya kebutuhan masyarakat ekonomi kelas menengah dan bawah di Kota Cimahi terhadap baju-baju Fashion yang semakin trendi dan beragam, namun dengan harga yang terjangkau (murah). Sewa toko yang relative murah menyebabkan mayoritas toko di mal ini masuk dalam kategori Usaha Mikro, dengan rata-rata omset sekitar Rp 30 juta sebulan. Namun, maraknya bisnis toko online menyebabkan sebagian besar toko tenan ini mengalami penurunan omset penjualan yang cukup serius. Tim PKM POLBAN kemudian mencari solusi dengan mengadakan pelatihan dan kegiatan Pendampingan untuk meningkatkan Kasadaran (Awareness) para pelaku bisnis skala UMKM ini tentang pentingnya “Digital Business” dan memasarkan produk mereka. Dan kemudian mengajari ketrampilan penggunaan Facebook dan Instagram untuk promosi secara online, agar penjualan mereka kembali normal. Hasil dari Pelatihan dua kali ini, menunjukkan adanya peningkatan penjualan, yaitu sebesar 28% saat mulai menggunakan Facebook Ads.Terjadi juga peningkatan yang cukup signifikan setelah menggunakan fitur “Instagram for Business”. Namun, peningkatan penjualan ini tidak merata. Ada “gap” yang cukup besar di setiap tenan toko yang mengikuti Pelatihan. Salah satu faktor penyebab adalah, adanya perbedaan generasi dalan motivasi didalam memanfaatkan HP dan Sosesial Media. Peserta yang berusia di bawah 30 tahun (Generasi Milenial) cenderung lebih aktif dan berani dalam memanfaatkan HP mereka untuk melakukan promosi produk secara online. Tidak terbebani secara psikologis terhadap IT Literacy dan gaya komunikasi spontan konsumen internet. Sebaliknya, peserta yang berusia diatas 40 tahun, terlihat gamang dan ragu-ragu dalam memulai kegiatan promosi menggunakan Sosial Media.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.