Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Literasi Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v4i1.368Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, RedoksAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks kelas X.Mia.1 SMA N 4 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratoty ( model urutan penemuan). Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive smpling yaitu X.Mia 1 dan melibatkan 2 orang guru kimia, 32 orang siswa kelas X.Mia.1 dan 32 orang siswa pada saat penelitian. Instrument penelitian dilakukan yaitu lembar observasi, keterlaksanaan model inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan tes literasi sains siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji korelasi produk moment dan uji koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelaajran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil presentasi keterlaksanaan oleh siswa setiap pertemuan. Sebesar 60,09% pada pertemuan pertama, 70,04% pada pertemuan kedua dan 81,56% pada pertemuan ketiga. Terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi siswa dengan nilai rxy = 0,42 dengan kategori hubungan yang sedang.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.