Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Literasi Sains Siswa

Authors

  • Elia Rosita Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59784/glosains.v4i1.368

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Redoks

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks kelas X.Mia.1 SMA N 4 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratoty ( model urutan penemuan). Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive smpling  yaitu X.Mia 1 dan melibatkan 2 orang guru kimia, 32 orang siswa kelas X.Mia.1 dan 32 orang siswa pada saat penelitian. Instrument penelitian dilakukan yaitu lembar observasi, keterlaksanaan model inkuiri terbimbing baik dari guru maupun  siswa dan soal tes essay kemampuan tes literasi sains siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji korelasi produk moment dan uji koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelaajran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil presentasi keterlaksanaan oleh siswa setiap pertemuan. Sebesar 60,09% pada pertemuan pertama, 70,04% pada pertemuan kedua dan 81,56% pada pertemuan ketiga. Terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi siswa dengan nilai rxy = 0,42 dengan kategori hubungan yang sedang.

Downloads

Published

2023-01-19