Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v2i1.35Keywords:
Nilai, Karakter, PembelajaranAbstract
Nilai-nilai karakter dapat diterapkan melalui pendidikan. Namun selama ini banyak institusi pendidikan yang tidak berperan sebagai pranata sosial yang mampu membangun karakter bangsa Indonesia sesuai dengan nilai normativ kebangsaan yang dicita-citakan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter bangsa dalam pembelajaran PAI di SD Bintang Madani Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui teknik library research (studi kepustakaan) yang mengacu pada sumber-sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa tujuan Internalisasi nilai-nilai karakter bangsa dalam pembelajaran PAI di SD Bintang Madani Bandung adalah agar setiap siswa memiliki akhlak yang benar, memahami dan melaksanakan ibadah wajib dan sunah serta bangga menjadi warga Negara Indonesia yang mencerminkan karakter seorang muslim.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.