Hubungan Timbal Balik dan Faktor PendidikanYayasan Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

Authors

  • Sukatin Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
  • Hildinniyah Fitri Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
  • Misnawati Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
  • Salsabila Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
  • Rindiyani Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59784/glosains.v2i2.32

Keywords:

Hubungan timbal balik, Pendidikan, Faktor Pendidikan

Abstract

 

Pendidikan adalah salah satu upaya manusia untuk bisa

menggapai cita-citanya, sebagaimana definisi pendidikan itu sendiri adalah aktivitas atau usaha manusia untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi bawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan untuk memperoleh hasil dan potensi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian faktor pendidikan, untuk mengetahui macam-macam faktor pendidikan dan untuk mengetahui bagaimana hubungan timbal balik antar faktor pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian yang didapat perlu diingat bahwa pendidikan bermaksud melayani kebutuhan masyarakat dalam arti menambah kemampuan masyarakat untuk dapat bertahan dan mengembangkan diri dalam semua aspek kehidupan. Selain itu tanpa adanya hubungan dengan masyarakat, sekolah tidak dapat berkembang karena masyarakat juga membantu sekolah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pendidikan. Pendidikan adalah salah satu upaya manusia untuk bisa menggapai cita-citanya, sebagaimana definisi pendidikan itu sendiri adalah aktivitas atau usaha manusia untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi bawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan untuk memperoleh hasil dan potensi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian faktor pendidikan, untuk mengetahui macam-macam faktor pendidikan dan untuk mengetahui bagaimana hubungan timbal balik antar faktor pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian yang didapat perlu diingat bahwa pendidikan bermaksud melayani kebutuhan masyarakat dalam arti menambah kemampuan masyarakat untuk dapat bertahan dan mengembangkan diri dalam semua aspek kehidupan. Selain itu tanpa adanya hubungan dengan masyarakat, sekolah tidak dapat berkembang karena masyarakat juga membantu sekolah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pendidikan

Downloads

Published

2021-08-03