Kontribusi Dukungan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Anak di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v1i2.29Keywords:
Dukungan orang tua, proses belajar anak, PandemicAbstract
Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak SD.N 54 KAUR Desa datar lebar 2 kecamatan lungkang kule kabupaten kaur Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak di masa pandemic di SD N 54 Kaur Desa Datar Lebar 2 Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh. Populasi orang tua siswa kelas VI SD N 54 Kaur berjumlah 55 orang tua. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan proportional Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak berdasarkan tingkatan kelas. Pengambilan sampel ini mengunakan rumus solvin dengan taraf kesalahan 10 % adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 22 orang. Data yang di peroleh mengunakan angket model skala likert, kemudian penyebaran angket dilakukan secara langsung, dengan hasil terdapat 6 responden (27,2%) memberikan dukungan dengan baik terdapat 8 responden ( 36,4%) memberikan dukungan yang cukup baik, dan terdapat 8 responden (36%,4) kurang memberikan dukungan terhadap anak nya. Terdapat 11 responden ( 50%) dengan pola belajar baik, kemudian terdapat 6 responden ( 27,3%) dengan pola belajar yang kurang. Hasil uji statistic diperoleh nilai p_ value = 0,041 yang berarti p_ value <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau berarti bahwa kontribusi dukungan orang tua berpengaruh terhadap pola belajar anak di masa pandemi.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.