Fungsi Pancasila sebagai Perekat Persatuan Bangsa dengan Efektivitas Kegiatan Belajar di Luar Kelas

Authors

  • Rachmadi Rachmadi SD Negeri Ajung 01, Jember, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59784/glosains.v1i2.28

Keywords:

Efektivitas, Luar kelas, hasil belajar PKN

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan sesuai dengan K13 adalah metode pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah sebagai lokasi pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar, menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing), dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan. Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas kegiatan belajar dengan outing class (belajar di luar kelas) untuk meningkatkan hasil belajar PKN Materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa siswa Kelas V  di SD Negeri Ajung  01  Kecamatan Kalisat  Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020  pada pembelajaran PKN. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V  dalam proses pembelajaran PKN  Penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Keempat fase tersebut merupakan suatu siklus yang digambarkan dengan sebuah spiral penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian, analisa data dan pengujian hipotesis yang telah penulis laksanakan terhadap siswa Kelas V  SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat, dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran PKN  luar kelas di luar kelas atau halaman sekolah pada pembelajaran PKN  mampu  meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.

Downloads

Published

2020-07-10