Fungsi Pancasila sebagai Perekat Persatuan Bangsa dengan Efektivitas Kegiatan Belajar di Luar Kelas
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v1i2.28Keywords:
Efektivitas, Luar kelas, hasil belajar PKNAbstract
Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan sesuai dengan K13 adalah metode pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah sebagai lokasi pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar, menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing), dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan. Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas kegiatan belajar dengan outing class (belajar di luar kelas) untuk meningkatkan hasil belajar PKN Materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa siswa Kelas V di SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 pada pembelajaran PKN. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V dalam proses pembelajaran PKN Penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Keempat fase tersebut merupakan suatu siklus yang digambarkan dengan sebuah spiral penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian, analisa data dan pengujian hipotesis yang telah penulis laksanakan terhadap siswa Kelas V SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat, dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran PKN luar kelas di luar kelas atau halaman sekolah pada pembelajaran PKN mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.