Anaslisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Jembatan Pensil dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Cici Anggraini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Lisa Septia Dewi Br. Ginting Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.59784/glosains.v1i2.24

Keywords:

Nilai, karakter, Pendidikan, Film

Abstract

Di era globalisasi ini sudah banyak terjadi kasus yang menunjukkan sangat buruknya moral generasi muda, Yaitu permasalahan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sebaiknya diajarkan sejak dari anak mendapatkan pendidikan di sekolah dasar maupun dilingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, teknik simak dan catat. Sumber data yang digunakan juga terdiri dari sumber data primer yaitu film jembatan pensil, dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, internet, maupun sumber data yang lain yang berhubungan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasi pembelajaran bahasa indonesia pada film jembatan pensil yaitu nilai pendidikan karakter dengan tuhan yang maha esa( Religius) , nilai pendidikan karakter dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter dengan sesama manusia, nilai pendidikan karakter dengan lingkungan, nilai pendidikan karakter dengan kebangsaan. Dan Implementasi pembelajaran bahasa indonesia yang ditemukan dalam film jembatan pensil ini bukan hanya tentang menulis, membaca, dan mengarang, tetapi bagaimana peserta didik mempelajari atau pun menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter.

Downloads

Published

2020-07-10