Pengaruh Metode Resitasi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Ibu II Palembang
DOI:
https://doi.org/10.59784/glosains.v2i2.20Keywords:
Metode mengaji, Motivasi, Hasil belajarAbstract
Pendidikan adalah suatu kegiatan yang mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan intelektual manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial dalam beragam interaksinya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (Experiment Design). Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak metode mengaji terhadap motivasi, motivasi terhadap hasil pembelajaran, metode mengaji terhadap hasil pembelajaran serta metode dan motivasi bacaan secara keseluruhan terhadap hasil pembelajaran. Metode analisis hipotesis yang digunakan untuk penelitian ini adalah beberapa regresi linier dan korelasi. Analisis deskriptif dirangkum bahwa berdasarkan metode pembacaan tes korelasi terhadap motivasi, diperoleh nilai sig 0.000 kurang dari 0,05 yang berarti bahwa metode pengajian memiliki dampak positif pada motivasi, tes regresi linier berlipat ganda atau hasil tes t dalam nilai sig pada 0.000<0.05 menjelaskan bahwa metode pengajian juga berdampak pada hasil pembelajaran, sementara dampak motivasi terhadap hasil studi diuji oleh kombinasi uji-t dengan nilai manggung 0.034<0.05 dan signifikansi regresi linier ganda atau pengujian F dengan nilai sig pada 0.000<0,05 yang berarti bahwa metode pengajian dan motivasi bersama-sama berdampak pada hasil penelitian, dengan persentase 57,5% dan 42,5% yang dipengaruhi oleh variabel lain.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.