Model Hubungan Karakteristik Wirausaha, Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha yang Dimediasi Daya Saing pada UMKM

Authors

  • Asep Supiadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.59784/glosains.v1i1.15

Keywords:

Karakteristik Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Daya Saing, Kinerja Bisnis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap pembentukan daya saing yang diharapkan berdampak signifikan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap empat variabel penting, yang pertama membentuk model penelitian, kemudian untuk menguji hubungan antara konstruk yang dibangun, penulis menggunakan analisis model persamaan struktural, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 120 pemilik usaha kecil dan menengah di Jawa Barat , diproses menggunakan AMOS sebagai perangkat lunak pengolah data. Temuan utama penelitian ini adalah karakteristik kewirausahaan dan orientasi pasar merupakan variabel yang sangat penting untuk membangun daya saing guna meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah. Hasil penelitian ini dapat menjawab hipotesis statistik yang menunjukkan bahwa karakteristik kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, sedangkan karakteristik kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing, yang pada gilirannya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Daya saing yang baik diharapkan dapat meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah. Secara eksplisit temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja usaha, dapat dilakukan dengan membangun daya saing melalui penguatan karakteristik kewirausahaan dan orientasi pasar secara terpadu.

Downloads

Published

2020-01-10